Manfaat makan Menggunakan Tangan Yang Tidak Pernah Kita Tau.

Dilansir dari media sosial ternama Wikipedia , Tangan memiliki dua definisi. Definisi yang luas yang wajib kita ketahui adalah anggota badan dari siku sampai ke ujung jari tangan, sedangkan definisi yang sempit adalah anggota badan dari pergelangan tangan sampai ujung jari tangan (bagian dalamnya kita kenal dengan nama telapak tangan). Sebagian besar manusia dua tangan dan masing-masing tangan mempunyai liam jari tangan, biasanya dengan empat jari dan satu ibu jari. Masing-masing jari di kenal dengan nama-nama tertentu, ibu jari disebut dengan nama jari jempol, dan selain itu keempat jari lainya adalah jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking.


Nah, berbicaya tentang makan menggunakan tangan, pada umumnya kita selalu melihat orang makan menggunakan alat bantu seperti sendok, garpu, bahkan sumpit ala makan orang cina, dengan alasan makan menggunakan alat-alat bantu tersebut adalah menghindar tangan dari bau anyir bekas makanan, atau mungkin memang sudah terbiasa makan menggunakan sendok atau garpu. Namun sedikit kita harus tau, makan menggunakan tangan (tampa alat bantu seperti garpu dan sejenisnya) mempunyai manfaat-manfaat tersendiri. Kita bahas beberapa manfaat makan menggunakan tangan.

Sekilas kita bahas sedikit unsur-unsur dari kelima jari tangan menurut kepercayaan kuno.

Makan dengan menggunakan tangan sebenarya telah lama dilakukan sejak zaman nenek moyang kita, atau sejak zaman sangsekerta. Mera percaya bahwa jari-jari tangan mewakili 5 unsur yang dipercaya dapat membantu menghilangkan semua unsur negatif di dalam makanan dan membuatnya siap untuk di makan. Kelima unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut.

  • Ibu jari melambangkan api
  • Jari telunjuk melambangkan udara
  • Jari tengah melambangkan surga
  • Jari manis melambangkan bumi
  • Jari kelingking melambangkan air
Nah selain dari dari kepercayaan kuno di atas, makan makan dengan menggunakan tangan juga memiliki keuntungan lainya, seperti yang di bawah ini.

Membantu Kerja Saluran Pencernaan.
Berbeda dengan saat anda makan menggunakan sendok atau garpu, makan dengan menggunakan tangan membuat jari-jari tangan kita berkontak secara langsung dengan dengan makanan tersebut yang kita makan  sebelum dimasukkan ke dalam mulut. Hal ini membuat unjung-ujung jari saraf pada jari tangan kita dapat merasakan temperatur dantekstur makana tersebut yang kita makan, sehingga membuat otak kita menjadi lebih siap dan dapat memicu pelepasan berbagai enzim pencernaan yang dapat mencerna makanan tersebut dengan baik.
Selain itu, keuntungan makan menggunakan tangan, kita tidak akan pernah mengalami luka bakar pada lidah atau langit-langit mulut kita. Bila kita makan dengan menggunakan tangan, anda pasti bisa mengetahui bahwa makanan tersebut terlalu panas untuk kita makan. Beda dengan kita menggunakan sendok atau garpu, karna yang merasakan panas nya makanan yang kita makan hanya sendok dan garpu, bukan dari tangan kita sendiri, tak jarang kita melihat atau bahkan merasakan sendiri, makanan yang telah masuk ke dalam mulut kita keluarkan kembali karna merasa makanan itu terlalu panas.

Sumber Bakteri Baik.
Pada tubuh manusia diduga memiliki suatu jenis bakteri tertentu yang dapat membantu melindungi kita dari berbagai bakteri berbahaya di lingkungan kita, bakteri baik ini biasanay dapat ditemukan pada tangan, mulut, tenggorokan, usus, dan berbagai organ pencernaan pada tubuh lainnya.
Saat kita makan dengan menggunakan tangan, maka jumlah bakteri baik di dlaam tubuh dan jumlah bakteri berbahaya di dalam tubuh akan tetap seimbang. Akan tetapi pastikan kita telah mencuc tangan dengan air bersih dan sabun terlebih dahulu sebelum sebelum makan, sehingga tangan kita pun tetap bersih.

Baca Juga : Ternyata Raja Ampat Juga Ada Di Riua...!!!

Lebih Bisa Menikmati Makanan Yang Kita Makan.
Saat kita makan dengan menggunakan tangan, maka kita pun akan lebih menikmati dan memperhatikan makanan yang kita makan serta berapa banyak jumlah makanan yang telah kita makan. Dengan demikian, kita dapat terhindar dari makan terlalu banyak, dan juga kita bisa mejaga berta badan kita bukan. :)  (Sumber : Dokter.id)

Membantu Mencegah Diabetes Tipe 2.
Terdapat sebuah study yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition, penelitian menemukan bahwa orang yang mengidap penyakit diabetes tipe 2 kemungkinan orang yang makan cepat dengan menggunakan alat bantu makan seperti sendok dan garpu, dibandingkan orang yang tidak mengidap penyakit tersebut. Sebaiknya bagi kita yang merasa makan suka cepat-cepat, tidak menggunakan alat melainkan makan, melainkan menggunakan tangan langsung.

Nah.. kira-kira itulah manfaat yang baik bila kita makan dengan menggunakan tangan, jadi bagi kita yang makan masih menggunakan alat bantu, sebaiknya biasakan makan dengan menggunakan tangan. Untuk kita yang biasa makan menggunakan tangan, pertahankan hal itu, karna banyak manfaat yang kita dapat maka dengan menggunakan tangan dibandingkan dengan menggunakan alat bantu. Beda halnya dengan kita makan Mie atau Bubur atau sejenisnya, makanan seperti itu memang harus menggunakan sendok atau garpu, kalau kita menggunakan tangan, entar dikiran kita orang gila lagi. heheh
Nah bagi anda-anda yang mencari tentang manfaat makan menggunakan tanagan, semoga artikel ini bisa membantu. 

0 Response to "Manfaat makan Menggunakan Tangan Yang Tidak Pernah Kita Tau."

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...