Khasiat yang terkandung didalam buah matoa


Matoa atau Buah Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman buah khas dari Papua. Tergolong dari pohon besar dan tinggi, dengan tinggi rata-rata kurang lebiah 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Pada umumnya buah ini hanya bisa berbuah sekali dalam setahun, berbunga pada bulan Juli sampai Oktober dan berbuah 3 atau 4 bulan kemudian. Untuk penyebaran didaerah Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian mencapai kurang lebih 1200 m dpl. Pohon ini bisa tumbuh baik pada daerah yang kondisi tanahnya kering (tidak tergenang air) dengan lapisan tanah yang tebal. Iklim yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ini yang baik adalah iklim dengan curah hujan  yang tinggi (>1200 mm/tahun). Untuk sekarang Pohon Matoa juga terdapat di beberapa daerah seperti di Sulawesi, Maluku, Papua New Guinea, dan juga sekarang sudah banyak dibudi dayakan di daerah Riau Indonesia.

Di daerah Papua dikenal dengan 2 jenis matoa, yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Untuk ciri yang membedakan diantara dua jenis matoa tersebut adalah terdapat pada tekstur buahnya, Matoa Kelapa dicirikan oleh daging buah yang kenyal seperti Rambutan Aceh, diameter buahnya 2,2-2,9 cm dan diameter biji 1,25-,40 cm. Sedangkan dengan Matoa Papeda dicirkan dengan buahnya yang agak lembek dan lengket dengan diameter buah 1,4 - 2,0 cm. Tanaman ini sangat mudah beradaptasi dengan kondisi panas maupun dingin. Pohon ini juga tahan terhadap serangga yang pada umumnya merusak buah.

Morfolaogi dari Pohon Matoa
1. Akar dan Batang.
Pohon matoa tumbuh tinggi dan mempunyai batang yang berkayu keras. Untuk ketinggianya bisa mencapai 50 m, dan akar papan tingginya mencapai 5 m. Akar tanaman matoa dalah akar tunggang. Batang matoa berbentuk silinder, berdiri tegak dan percabanganya simpodial, mempunyai banyakcabang hingga berbentuk rindang.

2. Daun dan Bungan matoa.
Daun matoa merupakan daun majemuk yang tumbuh dan bersusun berselang seling 4 sampai 12 pasang anak daun. Untuk daun mudanya berwarna merah cerah, dan daun yang sudah dewasa berwarna Hijau. Daun matoa berbentuk jorong dengan panjang 30 sampai 40 cm. Dan lebar mencapai 8 sampai 15 cm.

Untuk bungan matoa adalah bunga majemuk dan muncul dibagian ujung tangkai daun. Mahkota bunga sedikti berbulu dubagian luarnya, bentuk kelopak bunganya agak menyatu.

3. Buah Matoa.
Untuk bentuk buah matoa berbentuk bundar dan lonjong, ukuranya dilihat dari bentuk buahnya seperti telur puyuh dengan panjang 1,5 sampai 5 cm. dan berdiameter 1 hingga 3 cm. Memiliki kulit yang licin dan berwarna kunign kehijauan ketika masih muda, jika sudah matang memiliki waran coklat kemerahan. Memiliki kulit ari yang berwarna putih transparan yang melekata pada kulit dekat buahnya. 



Kandungan Gizi Pada Buah Matoa
Kandungan vitamin A dan C mungkin sangat mudah kita temukan di banyak jenis buah-buahan. Tetapi tak banyak jenis buah yang mengandung vitamin E. Matoa adalah salah satu buah yang mempunyai kandungan vitamin tersebut (Vitamin E). Tentunya dengan kandungan vitamin tersebut akan  sangat diperlukan oleh tubuh kita. Untuk menikmatinay buah ini dapat dikonsumsi saat segar, memiliki rasa yang sedikit unik, untuk rasanya seperti percampuran antara buah Rambutan dan Lengkeng dan ditambah adanya sedikit rasa durian.

Manfaat dan Khasiat Buah Matoa untuk Kesehatan.
1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Buah matoa juga mengandung vitamin C. Vitamin C sudah dikenal bisa mencegah radikal bebas serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila daya tahan tubuh anda meningkat, tentunya akan terhindar dari berbagai serangan virus penyakit.

2. Mengatasi Stres.
Buah matoa memilii beberapa kandungan yang berguna sebagai obat penenang alami. Salah satunya adalah vitamin E yang terkandung didalam buah ini akan membantu untuk meringankan stres. Cara penggunaanya cuku dengan mengkonsumsi saja.

Baca Juga : Manfaat serai untuk ibu hamil.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung.
Vitamin Cdalam buah matoa tentu sudah dipercaya dapat membantu mengurangi tekanan penyakit jantung. Selain itu, bila pola makan anda kurang sehat, kita dapat menggunakan buah ini sebagai makanan (Mengkonsumsi buah) penyimbang.

4. Penyakit Kulit.
Beberapa produk kosmetik sering kali menggunakan vitamin E sebagai bahanya, dan tentu juga kita tau bahwa vitamin E itu baik untuk kulit. Dilihat dari kandungan vitamin yang dimiliki oleh buah ini, maka kita bisa mengkonsumsinya untuk membantu menyehatkan kulit kita. Selain itu vitamin E yang kita dapatkan dari mengkonsumsi buah ini adalah vitamin yang bersumber dari bahan alami.

5. Mengurangi Resiko Kanker.
Kandungan antioksidan dalam buah ini akan membantu mencegah sel-sel kanker yang tumbuh dan berasal dari karsinogen. Buah matoa juga mengandung vitamin C yang akan membantu mengaktifkan antioksidan tersebut.



Sekian dari pembahasan saya tentang manfaat buah matoa  atau khasiat yang terkandung didalam buah matoa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.

2 Responses to "Khasiat yang terkandung didalam buah matoa"

  1. Wah saya baru tahu tuh ada buah yang bernama matoa bentuknya seperti buah anggur ya kang, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. iya sedikit seperti anggur dan sedikit sperti buah duku gank. Tapi dia mempunyai rasa yang agak sedikit unik, karna perpaduaan rasanya itu. Coba lah gan.

      Delete

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...