Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Mengkudu atau dalam bahasa latinya adalah (Morinda Citrifolia) berasal dari Asia Tenggara. Buah ini termasuk dari keluarga Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah Noni (hawaii), Nono (tahiti), Nonu (tonga) dll.

Tanaman ini biasanya tumbuh di dataran rendah atau di daerah rendah hingga ketinggian 1500 m. Tinggi dari pohon mengkudu ini mencapai kisaran 3 sampai 8 meter, dan memiliki bunga bongkok yang berwarna putih, buahnya merupakan buah majemuk. Buh mengkudu yang masih mudah berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol yang agak menonjol, sedangkan yang sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Di daerah indonesia, buah ini sangat banyak digunakan masyarakat untuk bahan obat-obatan, tetapi secara tradisional,masyarakat aceh menggunakan buah mengkudu ini sebagai sayur dan rujak, daunya juga digunakan sebagai salah satu bahan Nicah Peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. 

Sebelum kita mengenal manfaat dan genuaan buah mengkudu, alangkah baiknya kita mengenal ciri-ciri umum dari buah ini terlebih dahulu.

Pohon :
  • Pohon mengkudu tumbuhnya tidak terlalu besar, tingginya antara 4 sampai 6 meter, berbatang bengkok-bengkok dan berdahan kaku,kasar, dan memiliki akar tunggang tertancap dalam.Kulit batang berwarna coklat keabu-abuan atau coklat kekuning-kuningan, tidak berbulu dan memiliki banyak cabang-cabangnya.
Daun :
  • Pohon ini berdaun tebal mengkilap dan berukuran besar, dan tunggal. Daun mengkudu terletak berhadap-hadapan. Bentuknya jorong-lanset, berukuran sekitar 15-50 x 5-17 cm. Tepi daun tidakberduru dan berujung lancip pendek. Urat daun menyirip danwarna daun hijau mengkilap, tidak berbulu.
Bunga :
  • Bunga mengkudu tersusun majemuk, berbunga bertipel bongkok bulat, dan panjang tangkai sekitar 1-4 cm. Posistumbuh daun biasanya diketiak daun penumpu yang berhadapan dengan daun yang tumguh normal. Mahkota bunga berwarna putih, berbentuk corong. Panjang bunga berkisar mencapai 1,5 cm.
Buah :
  • Buah mengkudu berbentuk majemuk, terbentuk dari bakal-bakal buah yang menyatu dan bongkok di bagian dalamnya. Dengan isi buah yang lunak.



Berikut Beberapa kandungan yang ada pada buah Mengkudu.

  1. Zat Terpenoid : Kandungan zat terpenoid pada Mengkudu membantu proses Sintesis Organic, yang berguna untuk pemulihan sel-sel tubuh.
  2. Kandungan Nutrisi : Protein, Vitamin dan Mineral yang penting dan lengkap yang didapati dari buah mengkudu. Antioksidan yang bernama Selenium yang terdapat pada Buah Mengkudu merupakan alah satu jenis Antioksidan yang hebat.
  3. Zat Anti Bakteri : Zat tersebut membunuh bakteri penyebab infeksi. Manfaat buah Mengkudu juga berguna mengontrol bakteri mematikan seperti Pathogen. Hal ini membuat buah mengkudu bisa membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Setelah mengenal berbagai Kandungan Zat Yang Ada Dibuah Mengkudu, dan sekarang kita akan membahas berbagai macam Manfaat dari Buah Mengkudu tersebut.

Manfaat Buah Mengkudu untuk menurunkan Tekanan Darah Tinggi :

  • Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) ada baiknya menggunakan buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal. Caranya bisa dengan mengkonsumsi secara langsun dengan dengan mengupas kulitnya atau bisa juga dengan direbus, untuk buah yang sudah matang bagusnya kita mengkonsumsi secara langsung saja. Xeronine yang terkandung di dalam buah Mengkudu sangat bermanfaat untuk menormalkan kembali tekanan darah. Zat Fitonutrien Scopoletin berguna melebarkan pembuluh darah untuk menurunkan tekanan darah, sehingga jantung kita tidak harus terlalu keras untuk memompa darah.


Manfaat Buah Mengkudu untuk Melancarkan Pencernaan :
  • Dengan mengkonsumsi Buah Mengkudu secara teratur juga dapat melancarkan Pencernaan. Penyakit seperti Perut Kembung, Mutah, luka pada Usus halus dan Radang Lambung bisa diobati dengan Buah Mengkudu. Kandungan serat yang ada didalam  Buah Mengkudu sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Caranya adalah mengkonsumsi Buah mengkudu sebelum mengambil porsi makan besar.


Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengobati Asam Urat :
  • Penyakit Asam Urat tidak bisa diremehkan, asam urat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis misalnya Jantung, Strok dll. Penyakit Asam Urat ditandai dengan kram saat malam hari, kaki terasa dingin dan masih banyak lagi. Zat Iridoid dalam Buah Mengkudu bisa berguna untuk mengobati Asam Urat


Manfaat Buah Mengkudu Untuk Meredakan Batuk.
  • Batuk bisa disebabkan oleh baktri dan virus yang ada di sekitar kita. Mengkonsumsi buah mengkudu bisa bermanfaat untuk meredakan batuk dan juga menghilangkan batuk. Zat anti baktri yang ada didalam Buah Mengkudu sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal-gatal ditenggorokan dan membunuh kuman penyakit yang ada di dalam tenggorokan. Adapun cara mengkonsumsinya adalah:
  1. Rebuslah dua buah mengkudu yang telah masak.
  2. Campurkan dengan setengah daun Bujanggut.
  3. Rebus menggunakan dau gelas air sampai airnya mendidih, tunggu hingga air rebusa tersisa menjadi satu gelas.
  4. saring airnya dan di minum,lakukan dua kali sehari.
  5. Pertama kali akan membuat rasa gatal di tenggorokan hilang, kemudian batuk akan mereda lama kelamaan.



Peringatan kusus untu yang mengkonsumsu Buah Mengkudu sangat disarankan  kepada :

  • Ibu hamil dan menyusui : hindari mengkonsumsi buah mengkudu ketika lagi hamil, karena secara historis buah mengkudu kerap digunakan untuk Aborsi. Sama halnya pada saat menyusui, perlu menghindari pengonsumsian buah mengkudu, karena tidak cukup diketahui tentang keamanan buah mengkudu ini selama menyusui.
  • Masalah ginjal : dalam kandungan buah mengkudu redapat kalium dalam jumlah yang cukup banyak. hal ini bisa menjadi masalah terutama bagi orang yang mempunyai penyakit ginjal, disarankan jangan mengkonsumsi mengkudu kepada yang pengidap penyakit ginjal.
  • Penyakit Liver : banyak diketahui dengan beberapa kasus kerusakan hati, hindari mengkonsumsi mengkudu jika memiliki penyakit gangguan fungsi hati.


2 Responses to "Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan"

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...