7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Melon Setiap Hari



Buah Melon, atau dalam bahasa ilmiahnya dalah (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk didalam katagori suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Hemmmmm jadi pengen.  Bagian yang dimakan adalah daging buahnya (mesokarp). Bebentuk ini yang lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya.


Sekilas sedikti tentang buah melon.
Tumbuhan semusim, merambat tetapi menjalar, dan hidup tidak memanjat. Daun berbentuk menjari dengan lekuk moderat sehingga seperti lingkaran bersudut. Batangnya biasanya tidak berkayu atau berbentuk batang yang lunak. Tumbuhan ini berumah satu dengan bunga dua, tipe bunga jantan dan hermafrodit. Bunga jantan muncul biasanya pada saat tanaman masih muda atau bila tumbuhnya kurang baik. Buah bertipe pepo. Bagian mesokarp menebal menjadi daging buah yang berair. pemuliaan diarahkan pada daging buah yang tebal, manis, serta mempunyai bau yang khas dan keharuman.

Berikut manfaat Buah Melon untuk kesehatan. 

1.Mencegah Serangan Jantung.
Selain efektif untuk mencegah beberapa penyakit paling berbahaya, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu mencegah dan menghentikan penggumpalan peredaran sel-sel darah yang dapat mengakibatkan terkena serangan jantung dan bahkan penyakit stroke. Cara kerja adalah dengan cara melancarkan peredaran sel darah merah yang dapat mengurangi serangan jantung dan stroke.



2.Mencegah Penyakit Kanker.
Ada banyak buah-buahan yang mampu mencegah penyakit kanker, salah satunya buah melon seperti yang saya bahas ini. Mungkin sebagian bertanya bagaimana buah melon dapat mencegah kangker ??  Jawabannya adalah pada kandungan Karotenoid yang ada dibuah Melon. Perlu diketahui, Karotenoid adalah pigmen yang berfungsi sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, khususnya gejala kanker paru-paru dan gejala kanker payudara. Jadi sangat-sangat bermanfaat mengkonsumsi Melon.

3.Menjaga kesehatan mata.
Tidak hanya Tomat yang mampu menyehatkan mata, Buah melon juga dapat menyehatkan mata, buah ini diperkaya dengan kandungan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan memperbaiki meningkatkan fungsi mata.

4.Mengatasi Radikal Bebas.
Buah melon juga sangat kaya kandungan antioksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk membantu melindungi sel-sel dan struktur lainnya dalam tubuh dari radikal bebas. Kemampuan ini dapat membantu dalam hal perlindungan terhadap usus besar, prostat, payudara, endometrium, paru-paru, dan kanker pankreas. Namun tidak hanya untuk penyakit berbahaya manfaat antioksidan ini juga baik untuk bagian tubuh lainnya.


5.Mencegah Penyakit Stroke.
100 g buah melon mengandung 267 mg elektrolit dan kalium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Hal ini akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya stroke dan.

6.Menyehatkan Kulit.
Buah melon mengandung kolagen, zat kolagen ini merupakan senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan kulit. Kolagen juga memiliki fungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit. Semakin sering mengkonsumsi buah melon makan akan lebih baik, karna bisa menjaga kesehatan kulit dan sekaligus mengencangkan.

7.Mambantu Menurunkan Berat Badan.


Hemmm, ternyata buah melon mampu mambantu menurunkan berat badan, jadi sangat cocok dikonsumsi untuk anda yang lagi menjalani program Diet, karna melon merupakan salah satu jenis buah yang sangat cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan karena mereka memiliki kandungan sodium yang rendah, bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah kalori. Sangat bermanfaat bukan, selain itu dai mempunyai isi yang rasanya manis dan enka, jadi mengkonsumsi melon juga membuat kita kenyang, karna itu bagus untuk proses penurunan berat badan, karna melon juga bisa dijadikan sebagai pengganti makan kita.

Jadi untuk anda yang memnag favoritnya buah melon sangat beruntung. Karna banyak sekali terkandung vitamin-vitamin yang bermanfaat untuk tubuh kita.



Sekian untuk pembahasan kali ini tentang manfaat buah melon untuk kesehatan,semoga apa yang ada dan apa yang saya tulis bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi sekitar buah melon, dan terimakasih telah berkunjung.


0 Response to "7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Melon Setiap Hari"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...