13 Manfaat Mengkonsumsi Jeruk Setiap Hari

Buah jeruk atau dikenal didalam bahasa latinya adalah (citrus sinensis) sangat banyak mengandung vitamin yang bermanfaat untuk tubuh kita. Pohon jeruk atau Limau masih dalam satu anggota dengan marga Citrus dan suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang mempunyai daging dengan rasa buah masam yang segar,meskipun banyak diantara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa asam yang terkandung didalam buah jeruk ini berasal dari kandungan Asam Sitrat yang memang menjadi kandungan diantara anggotanya. 

Pohon jeruk dapat tumbbuh hingga ketinggian mencapai sekitar 2 sampai 15 m, dengan batang atau ranting berduri panjang tetapi tidak terlalu rapat. Daun hijau abadi dengan tepi rata, tunggal, permukaan biasanya licin dan agak berminyak. Bunga tunggal atau dalam kelompok, lima mahkota bunga (kadang-kadang empat) berwarna putih atau kuning pucat, (stamen) banyak, seringkali sangat harum. Buah bertipe "buah jeruk" (hesperidium), semacam buah buni, membulat atau seperti tabung, ukuran bervariasi dengan diameter 2-30cm tergantung dari jenisnya.

Sebelum kita mengenal berbagai manfaat dari buah jeruk ini,alangkah baiknya kita mengenalterlebih dahulu kandungan yang ada didalam buah jeruk ini.

Berikut penerangan Kandunga yang Terkandung didalam buah jeruk
Kandungan gizi yang terdapat pada 100 gram buah jeruk yang dapat menghasilkan energi sebesar 28,00 kalori adalah protein sebesar 0,50 gram, lemak 0,10 gram, karbohidrat sebesar 7,20 gram, kalsium sebesar 18,00 mili gram, fosfor sebesar 10,00 mili gram, serat 0,20 gram dan besi 0,10 mili gram. Selain itu terdapat pula vitamin A, B1, B2, C dan niacin 0,03 gram.

Baca Juga : Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan.

Jadi cukup banyak yang terkandung didalam buah jeruk ini, sehingga bila kita secara rutin mengkonsumsi buah jeruk setiap hari, maka kebutuhan vitamin untuk tubuh kita akan lebih banyak terpenuhi. 

Berikut kita akan membahas 13 manfaat mengkonsumsi buah jeruk setiap hari.


1. Menyehatkan mata
Caritenoid yang terkandung didalam buah jeruk ini akan diubah menjadi Vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata. Jadi sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi buah jeruk,alangkah baiknya jika kita membiasakan mengkonsumsi buah jeruk setiap hari.

2. Menurunkan kolesterol.

Buah Jeruk juga banyak mengandung serat, sehingga bila kita mengkonsumsi jeruk setiap hari dapat membantu dalam menurunkan kolesterol pada tubuh.


3. Anti kanker.
Kandungan Vitamin C yang ada didalam buah jeruk adalah anti oksidan yang bisa berpungsi untuk mencegah sel-sel kangker berkembang. Kandungan vitamin C yang ada didalam nuah jeruk cukup tinggi, sehingga apabila dikonsumsi setiap hari mampu memenuhi kebutuhan vitamin C untuk tubuh kita, memerangi radikal bebas dan mencegah kanker. Namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah jeruk untuk setiap harinya, gunakanlah seperlunya saja.


4. Mencegah kanker.
Kandungan limonoid yang terkandung didalam buah jeruk dapat mencegah terjadinya kanker kulit, payudara, paru-paru, lambung dan usus besar.

5. Menurunkan resiko terkena kanker hati.

Sebuah penelitian di Jepang mengemukakan bahwa dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk mandarin maka resiko terkena kanker hati dapat menurun. Hal ini karena adanya Carotenoid yang terkandung didalam Vitamin A yang ada di buah jeruk.


6. Mencegah terjadinya batu ginjal.
Batu ginjal dapat kita hindari dengan mengkonsumsi jus jeruk setiap harinya secara rutin, tetapi dengan porsi secukupnya saja, karena di dalam jeruk terdapat kandungan gula yang tinggi. Jadi konsumsilah jeruk secukupnya dan seperlunya saja.

7. Mencegah terjadinya kardiak aritmia.
Kardiak aritmia adalah detak jantung yang tidak teratur dalam berdetak setiap detiknya. Hal ini dapat dicegah dengan kandungan kalium yang terdapat pada buah jeruk, karena kalium berpungsi untuk mengontrol detak jantung seseorang agar selalu seimbang.

8. Menangkal dari serangan penyakit.
Kandungan Vitamin C yang terdapat didalam buah jeruk ini dapat menangkal radikal bebas yang akan masuk dalam tubuh. Jadi viatamin yang terkandung didalam buah jeruk juga berpungsi untuk kesehatan kita.

9. Mengatasi tekanan darah tinggi.
Kandungan kalium didalam buah jeruk cukup tinggi. Kalium berguna untuk mengontrol tekanan darah tetap normal. Kandungan kalium dalam jeruk bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium juga bisa mencegah Osteoporosis pada tulang.

10. Mencegah diabetes.
Buah Jeruk mengandung gula alami atau fruktosa yang bagus bagi penderita diabetes atau orang dengan resiko diabetes. Fruktosa dalam jeruk cukup untuk memenuhi kebutuhan gula dalam tubuh, sehingga kadar gula darah tetap stabil. Bagi yang menjaga agar tidak terkena diabetes, maka jeruk adalah pilihan pertama untuk dikonsumsi.

11. Mengatasi sariawan.
Kandungan vitamin C pada buah jeruk mampu menyembuhkan sariawan yang muncul, sariawan sendiri muncul karena kekurangan vitamin C, dengan memenuhi asupan vitamin C maka sariawan akan hilang. Kandungan vitamin C pada buah jeruk tidak setinggi kandungan vitamin C pada cabai, namun demikian kebutuhan vitamin C juga bisa dipenuhi dengan memakan buah jeruk.

12. Melancarkan pencernaan.
Kandungan serat dalam jeruk membantu melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi jeruk setiap hari bisa melancarkan pencernaan. Pencernaan yang terganggu akan menyebabkan penyakit seperti kanker usus dan hemoroid. Serat membantu mengurangi resiko terserang kedua penyakit ini.

13. Penambah nafsu makan.
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan nafsu makan, maka bisa memanfaatkan buah jeruk untuk membangkitkan nafsu makan, buah jeruk bisa menambah nafsu makan secara alami. Walaupun tidak sekuat khasiat temulawak, namun jeruk juga cukup efektif untuk menambah nafsu makan. Bagi anak-anak yang mengalami susah makan, maka berikan buah jeruk sebelum makan dan setelah itu berikan makanan. 




Demikian dari pembahasan tentang manfaat mengkonsumsi jeruk, semoga apa yang ada di blog ini dan apa yang saya tulis bermanfaat bagi yang membutuhkan. Terimakasih sudah berkunjung.


0 Response to "13 Manfaat Mengkonsumsi Jeruk Setiap Hari"

Post a Comment

Harap menggunaka kata-kata yang sopan saat berkomentar, trimakasih...